RSS

Zat Berbahaya pada Makanan

BPOM

Menurut BPOM RI 50% lebih jajanan makanan mengandung pewarna, pemanis, dan pengawet sintetis (buatan)  yang melebihi ambang batas kesehatan.
  • Zat pewarna tekstil yang biasa digunakan adalah Rhodamin B (warna merah) dan Methanil Yellow (warna kuning).  Zat pewarna tersebut berbahaya bagi kesehatban karena mempunyai efek toxic (beracun) terhadap tubuh. Rhodamin B dan methanil yellow biasa digunakan pada pewarnaan industri tekstil dan kertas. Ciri-ciri makanan berpewarna buatan ialah warnanya cerah dan terang.  Biasanya,  jika kena baju atau tangan, susah dihilangkan walaupun sudah dicuci.  Zat pewarna tekstil biasa dipakai pada makanan yang berwarna mencolok untuk menarik perhatian. Contoh makanan berwarna mencolok seperti saus warna merah pada bakso, siomay, es sirup warna-warni, jelly .
  • Zat pengawet berbahaya yang biasa digunakan adalah formalin yang terkenal untuk mengawetkan mayat. Zat pengawet berbahaya lainnya adalah boraks yang digunakan dalam industri kertas, kayu, dan keramik. Boraks adalah garam natrium yang banyak digunakan di berbagai industri non pangan & berbahaya apabila tertelan. Ciri makanan yang terdapat pengawet berbahaya: Ada rasa sepat atau pahit dan teksturnya jadi lebih kenyal.
  • Zat pemanis yang berbahaya bagi kita adalah pemanis dengan rasa manis berkali lipat dari gula biasa. Hal ini bisa menyebabkan lidah kita menjadi tidak peka lagi terhadap rasa manis dalam ukuran normal sehingga cenderung memerlukan tambahan dosis manis dari waktu-ke waktu. Pemanis yang berbahaya bagi kita misalnya sakarin, siklamat, dan aspartame. Jika setelah makan, lidah kita terasa pahit, kemungkinan memang mengandung pemanis buatan . Pemanis buatan ada di kembang gula, sirup, es mambo, dan jajanan lain yang rasanya manis.
Efek jangka pendek dari zat-zat berbahaya tersebut adalah  pusing-pusing, mual, serta sakit perut bahkan diare . Efek jngka panjangnya adalah komplikasi  penyakit , KANGKER  bahkan bisa menyebabkan kebodohan yang menggerogoti otak anak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar